tag:blogger.com,1999:blog-9850895691691563342024-02-07T06:18:06.296-08:00jemberpeopleHADIhttp://www.blogger.com/profile/17784162258683615479noreply@blogger.comBlogger11125tag:blogger.com,1999:blog-985089569169156334.post-31258145144885148892013-08-16T10:26:00.001-07:002013-08-17T19:46:18.046-07:00Cara Pengobatan Tradisional Tidak Masuk AkalHADIhttp://www.blogger.com/profile/17784162258683615479noreply@blogger.com1tag:blogger.com,1999:blog-985089569169156334.post-16078203870956320622012-12-22T05:51:00.003-08:002013-08-17T20:25:53.325-07:00Metode Pembelajaran PAI<!--[if !mso]>
v\:* {behavior:url(#default#VML);}
o\:* {behavior:url(#default#VML);}
w\:* {behavior:url(#default#VML);}
.shape {behavior:url(#default#VML);}
<![endif]--><!--[if gte mso 9]>
Normal
0
false
false
false
EN-US
X-NONE
X-NONE
MicrosoftInternetExplorer4
HADIhttp://www.blogger.com/profile/17784162258683615479noreply@blogger.com2tag:blogger.com,1999:blog-985089569169156334.post-20907322812492428102012-12-22T05:45:00.001-08:002013-08-03T09:18:41.992-07:00metode pembelajaran<!--[if !mso]>
v\:* {behavior:url(#default#VML);}
o\:* {behavior:url(#default#VML);}
w\:* {behavior:url(#default#VML);}
.shape {behavior:url(#default#VML);}
<![endif]--><!--[if gte mso 9]>
Normal
0
false
false
false
EN-US
X-NONE
X-NONE
MicrosoftInternetExplorer4
HADIhttp://www.blogger.com/profile/17784162258683615479noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-985089569169156334.post-50691103076770859822012-11-10T04:27:00.000-08:002013-08-17T20:26:14.821-07:00filsafat sebagai ilmu pengetahuan
Filsafat sebagai Ilmu Pengetahuan
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Falsafah atau filsafat dalam bahasa
Indonesia merupakan kata serapan dari bahasa Arab. yang juga diambil dan
bahasa Yunani; philosophia. Kala ini berasal dan dua kata Philo dan
Sophia. Philo = lImu atau cinta dan Sophia = kebijaksanaan. Sehingga
arti harfiahnya adalah ilmuHADIhttp://www.blogger.com/profile/17784162258683615479noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-985089569169156334.post-43587711531363892482012-09-26T05:24:00.001-07:002013-08-17T20:26:28.966-07:00TAKHRIJ HADIST
ILMU
TAKHRIJ HADIST
A.
Pengertian. Takhrij menurut bahasa memiliki beberapa makna.
Yang paling mendekati disini adalah adalah berasal dari kata kharaja
(خرج)
yang artinya nampak dari tempatnya atau keadaaannya, dan terpisah,
dan kelihatan. Demikian juga kata al-ikhraj (الاخرج)
yang artinya menampakkan dan memperlihatkannya. Dan kata al-makhraj
(المخرج)
yang artinya tempat keluar dan akhraj HADIhttp://www.blogger.com/profile/17784162258683615479noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-985089569169156334.post-31330571961810069682012-09-26T05:22:00.001-07:002013-08-17T20:26:44.243-07:00SYARAT-SYARAT PERAWI DALAM MENTRANSFORMASI PERIWAYATAN HADITS
SYARAT-SYARAT
PERAWI DALAM MENTRANSFORMASI PERIWAYATAN HADITS
Syarat-syarat seorang perawi
Syarat-syarat yang
harus terpenuhi seseorang ketika menyampaikan riwayat hadits sehingga
periwatannya dinyatakan sah ialah orang itu harus :
Beragama Islam.
Baligh.
Berakal.
Tidak fasiq.
Tidak terdapat
tingkah laku yang mengurangi atau menghilangkan kehormatan (muru’ah).
Mampu
HADIhttp://www.blogger.com/profile/17784162258683615479noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-985089569169156334.post-11080452650772306812012-09-26T05:17:00.004-07:002013-08-17T20:27:21.726-07:00AL-JARH WA AL-TA’DIL
AL-JARH WA
AL-TA’DIL
A. Pengertian
Kata al-jarh adalah
bentuk isim masdar dari kata جَرْحًا
– يَجْرُحُ – جَرَحَ yang
berarti melukai atau luka yang mengalirkan darah.[1]
Atau memaki, menista, dan menjelek-jelekan (baik secara berhadapan
langsung maupun dari belakang).[2]
Dalam istilah ilmu
hadits, kata HADIhttp://www.blogger.com/profile/17784162258683615479noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-985089569169156334.post-16307378607051326122012-09-26T05:14:00.001-07:002013-08-17T20:28:01.470-07:00MUKHTALIFUL HADITS
ILMU
MUKHTALIFUL HADITS
A.
PENGERTIAN
Muhammad ‘Ajjaj
al-Khathib mendefiniskan Ilmu
Mukhtaliful Hadits wa Musyakilihi sebagai:
الْعِلْمُ الَّذِيْ
يَبْحَثُ فِى اْلأَحَادِيْثِ الَّتِيْ
ظَاهِرُهَا مُتَعَارِضٌ فَيُزِيْلُ
تَعَارُضَهَا أَوْ يُوَفِّقُ بَيْنَهَا
كَمَا يَبْحَثُ فِى اْلأَحَادِيْثِ
الَّتِيْ يَشْكُلُ فَهْمُهَا أَوْ
تَصَوُّرُهَا فَيَدْفَعُ أَشْكَالَهَا
HADIhttp://www.blogger.com/profile/17784162258683615479noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-985089569169156334.post-67423971119546970332012-09-26T05:13:00.001-07:002013-08-17T20:28:43.844-07:00HADIST MAUDHU’
HADIST MAUDHU’
A.
Pengertian Hadits Maudhu
الحديث secara
bahasa berarti الجديد,
yaitu
sesuatu yang baru, selain itu hadits pun berarti الخبر
,
berita. Yaitu sesuatu yang diberitakan, diperbincangkan, dan
dipindahkan dari seseorang kepada orang yang lain. Sedangkan
موضع merupakan
derivasi dari kata وضع
– يضع – وضعاHADIhttp://www.blogger.com/profile/17784162258683615479noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-985089569169156334.post-70625993453517061592012-09-26T05:12:00.002-07:002013-08-17T20:27:38.637-07:00HADIST DHOIF
BAB
IPENDAHULUANHadits
Dhaif
A.
LATAR BELAKANG
Ilmu
hadits merupakan salah satu pilar-pilar tsaqofah islam yang memang
sudah selayaknya dimiliki oleh setiap kaum muslim. Dewasa ini, begitu
banyak opini umum yang berkembang yang mengatakan bahwa ilmu hadits
hanya cukup dipelajari oleh para salafus sholeh yang memang
benar-benar memilki kredibilitas dalam ilmu agama HADIhttp://www.blogger.com/profile/17784162258683615479noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-985089569169156334.post-51495242041155284822012-09-26T05:10:00.002-07:002013-08-17T20:28:32.843-07:00INKARUS SUNNAH
BAB
1
INKARUS SUNNAH
A. Latar Belakang
Pada zaman nabi,
umat Islam sepakat bahwa sunnah merupakan salah satu sumber ajaran
Islam disamping Al-Qur’an. Belum atau tidak ada bukti sejarah yang
menjelaskan bahwa sumber ajaran Islam. Bahkan pada masa al Khulafa’
al Rasyidin dan Bani Umayyah, belum terlihat secara jelas adanya
kalangan umat Islam. Barulah pada awal masa Abbasiyah, muncul secaraHADIhttp://www.blogger.com/profile/17784162258683615479noreply@blogger.com0